Tujuh Keunggulan Canon 1100D, Dicintai oleh Fotografer Pemula

Tujuh Keunggulan Canon 1100D, Dicintai oleh Fotografer Pemula
Salah satu hobi yang sering dianggap mahal adalah fotografi. Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan kamera mahal untuk melakukan kesenangan ini. Menggunakan kamera standar saja sudah menyenangkan. Apalagi mereka masih pemula dan sedang belajar di bidang ini.
Jika Anda ingin masuk dan belajar fotografi, saya sangat merekomendasikan membeli kamera anggaran fungsional. Salah satu kamera yang bisa Anda gunakan adalah Canon 1100D. Kamera ini tentu saja sudah tua dan agak jadul, tetapi untuk pemula, kamera ini memiliki beberapa keunggulan utama.
Sebelum Anda membeli kamera ini, ada baiknya Anda menanyakan manfaat berikut ini:
1. Baterai berkapasitas besar
Kapasitas baterai kamera ini cenderung lebih tinggi dibandingkan kamera lainnya. Dengan kapasitasnya yang besar, Anda dapat membawa kamera ini untuk aktivitas di luar ruangan. Karena itu, Anda tidak perlu terus-menerus mengisi daya baterai.
Namun, jika Anda ingin memotret dalam waktu lama, disarankan untuk mencari baterai cadangan. Oleh karena itu, jika baterai habis, dapat dengan cepat dilepas dan digunakan kembali.

2. Cocok digunakan di tempat gelap
Kamera ini terbilang jadul, namun memiliki kualitas sensor yang sangat tinggi. Dengan sensor ini, Anda dapat memotret dengan mulus bahkan di tempat yang agak redup atau gelap. Oleh karena itu, kamera dapat digunakan dari sore hingga malam hari atau di dalam ruangan.

3. Dilengkapi dengan autofokus
Salah satu masalah terbesar dengan menggunakan kamera manual atau DSLR adalah menentukan fokus foto yang Anda ambil. Biasanya Anda perlu menekan layar atau menempatkan lensa. Setelah selesai, fokus biasanya berpindah ke satu atau lebih titik yang berbeda.
Jika Anda menggunakan kamera 1100D, fokus di sana akan ditampilkan secara otomatis. Ini berarti Anda tidak perlu menekan apa pun di layar. Setidaknya ada sekitar 9 titik fokus, yang memudahkan pengambilan gambar.
Selain itu, ada sensor lensa dengan kekuatan 12MP. Lensa ini digunakan untuk mempertajam gambar yang ditangkap. Oleh karena itu, tidak akan ditemukan gambar yang buram atau buram.

4. Teknologi sangat maju
Teknik yang digunakan pada kamera ini sebenarnya sangat canggih saat pertama kali dirilis. Cukup untuk digunakan setiap hari. Selain itu, dimungkinkan bahkan jika digunakan untuk tujuan profesional.
Teknologi kompresi dibangun untuk memastikan bahwa setiap foto atau gambar yang diambil tidak terlalu besar. Namun, kualitas jepretan dan rekamannya masih sangat tinggi dan berkelas.
Satu hal yang bisa sangat disayangkan dari kamera ini adalah bobotnya. Dibandingkan beberapa kamera lain, Canon 1100D lebih berat. Karena itu, penggunaan jangka panjang biasanya membuat tangan Anda mudah lelah.

5. Kualitas perekaman video yang luar biasa
Kemampuan merekam video mungkin kalah dengan varian lainnya. Namun, Anda masih dapat mengandalkan pengambilan gambar dan video pada resolusi yang cukup masuk akal. Anda bisa mendapatkan 720p setidaknya pada 25-30fps.
Video pada resolusi ini sebenarnya dapat digunakan untuk merekam berbagai jenis video dengan mudah. Tidak masalah jika digunakan untuk membuat video untuk tujuan YouTube atau media sosial.
Yang terpenting saat merekam video dengan kamera ini adalah durasinya. Usahakan selalu mencatat dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Oleh karena itu, kualitas video di dalamnya tetap terjaga.

6. Antarmuka yang sederhana
Salah satu masalah terbesar dalam menggunakan kamera DSLR dengan spesifikasi dan teknologi terbaru adalah antarmuka. Secara umum, ada banyak menu yang muncul di layar, dan tidak semua orang memahaminya dengan baik.
Untungnya, jika Anda menggunakan kamera Canon 1100D, antarmuka yang disediakan cenderung lebih sederhana daripada saudara-saudaranya. Oleh karena itu, bahkan pemula pun mungkin bisa mendapatkan hasil maksimal dari semua fitur yang ada di dalamnya.
Selain itu, antarmuka aplikasi yang sederhana memudahkan kita semua saat menggunakan tutorial. Anda dapat menguasai semuanya secara maksimal hanya dengan beberapa tutorial.

7. Cocok untuk anggaran terbatas
Terakhir, dan sebenarnya, yang sangat penting adalah harga kamera itu sendiri. Seperti diketahui, kamera ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011. Ini berarti bahwa itu telah berada di pasar selama lebih dari 10 tahun.
Mendapatkan yang baru sebenarnya sangat mudah. Namun, biasanya ada barang bekas atau bekas di pasaran. Karena itu, tampaknya barang bekas lebih mudah ditemukan.

Harga produk ini bervariasi dan biasanya di bawah Rp5 juta. Harga memang murah, tapi Anda tidak bisa asal memilih produk. Hal ini karena pemilihan saja dapat menghasilkan produk yang cacat atau tidak optimal.
Saat ini, kamera entry level atau kelas bawah sangat mudah ditemukan. Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas, kami sarankan untuk membeli Canon 1100D. Kamera sudah cukup untuk pemula yang ingin belajar fotografi dari awal.
Ada banyak variasi kamera ini dan Anda bisa menemukannya dengan mudah secara online di Blibli. Harga berbeda karena ada versi baru dan bekas. Sebelum Anda membeli, mohon pertimbangkan harga dan kondisi produk untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.